ngomong-ngomong soal uang kecil
yi-mao (1mao, 10sen) juga duit!
Pecahan kecil koin mata uang China untuk 10 sen ini diberi nama mao, 10 mao sama dengan 1 yen atau di Shanghai ini orang menyebut dengan pecahan 'kuai' (1kuai=1RMB/1yen)

Yap, kalo ngomong-ngomong soal uang kecil, kadang kita sering berpikir bahwa uang kecil itu ga ada artinya. Dulu waktu saya masih kecil -sekarang juga masih kecil ah-, uang Rp 50,- itu bisa dipakai buat beli permen karet cap yosan yang harganya 1 masih Rp 25,-. Sekarang? Mau cari pecahan Rp 50,- aja mungkin susah. Kalau orang kehilangan Rp 50,- saja, mungkin tidak akan serepot kalau kehilangan Rp 50.000 ya.. Dulu mami saya juga sering bilang, uang senilai Rp 10.000 saja kalau kurang Rp 50 ya tetap saja bukan Rp 10.000.. Yap, sekecil-kecilnya uang, tetap saja ada nilainya.

Pengalaman saya hari ini pun juga berhubungan dengan uang kecil. Pagi tadi saya mengambil uang recehan saya dari celana. Saya hitung koinnya ada 9keping 1 kuai (1RMB) dan 1keping 1mao (1sen). Saya tidak begitu suka mengoleksi uang koin, maka rencana saya adalah memakai koin itu untuk membeli sandwich dan susu di Family Mart. Saya mengambil 9keping 1 kuai dan meninggalkan 1mao dikamar saya. 1mao? Bisa buat beli apa? Begitu pikir saya. Lalu sesampainya saya di Family Mart, saya bergegas membeli sandwich dan susu coklat, menuju kasir untuk membayarnya. Yang cukup mengejutkan adalah total belanjaan saya ini seharga 8.1RMB [ba kuai yi mao]! Jah, menyesal saya meninggalkan koin kecil 1mao saya dikamar. Maunya membuang koin, alhasil saya membayar 9kuai dan mendapat kembalian 9mao, 1keping 5mao dan 4keping 1mao.
Pelajaran berharga dari uang kecil senilai 1mao.

ah..yi-mao (1mao,10sen) juga duit!
red:1kuai/1rmb berkisar antara Rp 1200-1300,- jadi 1mao sekitar Rp 120,-
1 Response
  1. akupunyagigi Says:

    aku isih duwe receh Rp 25,- 1 keping n Rp. 50,- 5 keping.. aheeehehehe...